Tampilkan postingan dengan label Me and me.... Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Me and me.... Tampilkan semua postingan

Rabu, 28 April 2010

Antara Kebutuhan dan Keinginan

Sejauh ini... sering timbul tanya di benakku, apa yang aku dapatkan yang tidak pernah terlepas sedikitpun dari pemberian Tuhan, apakah jawaban dari apa-apa yang aku butuhkan, atau jawaban dari apa-apa yang aku inginkan... Beberapa hal..ada yang mampu aku sadari bahwa itu adalah jawaban dari doaku, dari keinginanku, atau mimpiku.. Bahkan, beberapa hal... ketika otak penuh hasrat ini mencerna bahwa apa yang aku terima itu tidak seberapa (hhmm...dengan melihat orang lain sebagai pembanding sayangnya...) terkadang, suara lain juga ikut bicara bahwa "apa iya kalo diberi dengan konsekuensi lebih dengan prestise dan kompensasi yang lebih pula aku bakalan mampu??"... Kenapa juga nggak sering-sering introspeksi kembali ya... Haha...konyol juga memang.. Bahkan ketika makin akrab dengan rasa sedih ato sejenisnyisa yang punya efek samping air mata dan nggak mampu berkata apa-apa (baca: tenggorokan tercekat yang disertai sesak di dada), sering sekali ingin keluar dari situasi pressure seperti itu. Padahal...bisa jadi, emang lagi bagianku untuk terima hal-hal seperti itu, ato bisa jadi juga ketika banyak kemudahan di sana maka akan lebih buruk dampaknya bagiku. Dengan keterbatasan ini, banyak juga dibenturkan dengan pertanyaan - pertanyaan yang makin menggunung itu, dan yang nggak mudah untuk cari jawaban gamblangnya....

Keinginan....... Banyak sekali ya aku rasa... bahkan ketika sudah disortir pun... ketika mengingat kembali, mesti yo tetep ngisin-ngisini sangking banyaknya itu.. Ego dalam diri ini sering berkeras dengan kurang ajarnya untuk bisa dapatkan ato sekedar membayangkan pencapaian keinginan-keinginan itu. Bahkan jeleknya, ketika tidak tercapai saat itu sudah diusahakan (alias maksa maksudnya) yo dengan kurang ajarnya aku bergumam : "kok gini banget ya idupku", padahal... Jelas-jelas berlaku hukum sebab - akibat di sana...
Harus belajar lebih ikhlas lagi saat doa & usaha udah dijabanin, lha kok susah?? Ya memang... Biar jadinya bisa terus mensyukuri apa-apa yang dimiliki dengan semua yang melatar belakanginya...

Sedangkan untuk kebutuhan... sering kali aku merasa membutuhkan ini itu, padahal bisa jadi ketika nggak berhasil dicapai ya karena memang aku nggak membutuhkan itu. Tapi luar binasa memang si nafsu ini dengan semua keinginannya... Kalo mau dirujuk pada contoh kasus... Ha ha... Banyak banget, jujur aja, jadi bingung mau milih yang mana, bisa pada tulisan berikutnya mungkin (kalo nggak males nuangnya...) Tapi emang paling simpel mbayangin ketika itu semua adalah tentang aku, tentang keinginanku, dan tentang kebutuhanku, sayangnya... Seperti pernyataan seorang teman... Ya terkait satu sama lain, aku dengan orang lain, keinginanku dengan keinginan orang lain, dan kebutuhanku dengan kebutuhan orang lain...

Rabu, 29 Juli 2009

30 Juli 2009

Sebelum subuh aku terbangun.. Sekitar 4.05 Waktu Indonesia Bagian Kampung Sawah. Just like usual, boiled water, making a glass of coffe, then....sluurrp...slurrp....drinking while it's still very hot...!!! Ternyata nggak sendirian, Mamah udah bangun, ok, seperti biasa, beliau mau menggiling cucian di mesin. But...but... wait...! sambil muter keran n nyetel mesin beliau "memaparkan" bahwa pompa air sepertinya rusak lagi, baru saja dimatikan 4.30 tadi. Adapun perihal kerusakan dapat diperkirakan seperti biasa, bunyi dan kerja terus sampai pagi tanpa dapat menyedot air barang sedikitpun... Ok...ok....nggak baik ngerasani wong tuwo, he...he...he... Beep... Kita sensor saja sampai di sini... Keywordnya adalah... Wat amazing parents they are.... (almost in every way.....!) Yang jelas syukur alhamdulillah ditemenin segelas kopi item campur susu Cap Enak itu sedikit melegakan memulai subuh ini... He..he...he... Cerita itu mengalir sendirinya, manakala.... Wuihh..."manakala"... Aaa...ha...ha...! Manakala ternyata Bapak sudah dengan pedenya, yang entah kapan waktunya itu, sudah meminta bantuan yang entah sama siapa juga, untuk mencabut air layanan PDAM, alias air ledeng...! Wuihh... wajar...wajar...kalo ada "pihak" yang dengan penuh semangat complain.. Ok...Ok.. Sekali lagi, saya hanya dituntut keadaan untuk jadi pendengar yang baik... Sayangnya... Belakangan ini badan dan pikiran sedang "overloaded", jadi cukup suntuk juga sebenernya... Tapi gak apalah... Masih bisa tertampung, Insya Allah, ha...ha...ha...! Selama masih ada kopi item, susu kental manis, dan Lucky Light Blue...?!? Ya sebagai pelengkap penderita pastinya... Ok, sumur bor baru ini, dengan pompa yang baru juga, nggak salah-salah... buatan Italy dengan judul Pentax (kayak judul salah satu kamera beken aja....) dengan dalam yang katanya lebih dari 20m itu, ato malah 30m? Entahlah, tukang-tukang yang masang itu yang lebih tau, dan yang pastinya sudah "sangat sukses" meyakinkan Ayahanda tercinta............ Sebenernya baru berumur 1 tahun, tapi rasanya udah lebih dari 3 kali (dengan kejadian yang sekarang) dengan kasus yang hampir selalu sama. Kerja berlebih tapi tetep nggak mampu menyedot air, sampai nyala terus-terusan, yang akhirnya hangus... Dan seperti biasa juga...yang jeli mesti Mamah, dengan Bapak yang selalu menenangkan... Bisa jadi si Pentax itu bercokol di tempat yang salah, bisa jadi aja pipa ke dalam itu bingung merogoh-rogoh dimanakah sang air berada... ha...ha...ha....! Tapi kali ini agak ekstreem juga penyebabnya ternyata. Keran air di deket "Kebon Bunga" nya Bapak, brodol abis.. Biasanya selalu ada selang terpasang disana karena sekalian untuk nyiram kembang dan tanaman lainnya, ato juga nyuci mobil. Tapi...kali ini luar biasa... 2 makhluk berekor (Adul & si Item) terlalu bersemangat mengasah gigi... Uukh...kebayang tampang jail mereka yang satunya mukanya putih cemang-cemong... Yang satu mukanya item ada belah tengah warna putihnya... Ekornya goyang-goyang... Waahh... Gimana tuu coba..? Syukur menjelang jam 6 Kiyai dah pulang ke rumah, dari Bandung, jadilah keran itu ada yang benerin. Yang aku rasa cukup konyol adalah sumur lama yang sudah jelas-jelas memang dari jaman baheula-nya itu adalah titik mata air ya ditutup dengan berbagai kekejaman yang antara lain adalah ditimbun sampah, dibakar, ditimbun lagi, dibakar lagi, berulang terus sampai akhirnya di kasih topping campuran plesteran + tegel keramik... Wuihh... Bayangin... Manakala banyak orang kekurangan air di luar sana... Kelakuan Bapak memang saya rasa agak luar biasa juuugaa... : ) Ok....Jadilah pagi ini... Duduk di depan komputer, buka spidi, nerusin donlot antivirus free trial yang dari td error terus nginstalnya...sambil nulis ngalor-ngidul nggak jelasa kayak begini... Biar nggak sepet... Ya mata Anda-anda itu yang baca tulisan semrawut saya ini... Mao sekalian ngeliatin hasil nggambar saya juga laah... Vincent van Gogh... Begitu kalo nggak salah nama lengkap pelukis asal Belanda ini... Ekspresionis kah? dan ya tepat sekali....! (baru saja merujuk referensi tentunya). Maestro ekspresionis memang saya suka gaya melukisnya, tarikan garis dan kombinasi warna-warna tajam yang dihasilkannya. Beberapa bulan lalu, Adekku yang waktu itu masih SMA kelas 2 itu ada PR Seni Rupa, dan dengan santainya dia minta tolong dibuatin potongan lukisan van Gogh itu yang ternyata aku cuma dikasih waktu 1,5 hari untuk nggarapnya di lembaran A3 dengan media yang kupilih cat air + highlights colour pencil itu. Gendheng juga...!! Tapi kreatip juga guru keseniannya. Dengan tema van Gogh, anak-anak dibagi jadi beberapa kelompok, dan disuruh mbuat lukisan van Gogh beramai-ramai satu kelompok, melukis potongan-potongan yang kemudian untuk dijadikan sebuah lukisan oleh masing-masing kelompok. Gak tau pasti judul lukisan ini apa, tapi yang mesti di lukisan itu ada "Tulipe-tulipe" nya gitu lahh... Ok...selamat menikmati.... : )

Original Picture


Jatah Potongan Gambar Adekku


Kerjaan gratilan ku..



Selasa, 21 Juli 2009

M E N U L I S

Nggak ada batasan sebenernya untuk nulis di sini... Cuma berhubung Farah yang sok keren itu tipe orang yang pengen buat terbaik, jadinya hambatan nggarap tulisan Candi (sedikit kajian arsitekturnya + cerita di balik hunting Ratu Boko) tertunda. Banyak aja alasannya... Dari mulai nyari buku Indonesian Heritage yang rencananya bakal dijadiin dasar kajian arsitekturnya... Yang ternyata udah dibongkar itu tumpukan buku-buku, yang masih berantakan di kamarku sampe sekarang..yang bikin bingung,si tegel 30 x 30 itu cuma mengintip dari balik tumpukan buku-buku.. Ternyata...sukses berat...! Bukunya nggak ada... Baru inget.. Dipinjem Mas Giyanto di Jaim cs untuk dia ngajar mata kuliah Arsitektur Vernakular.. Great Dear... Tauk gitu... Foto-foto yang udah digarap di ACDSee, di-upload, dan disimpen di draft ya dilengkapi dengan tulisan aja dari lama.. Hhmm... Mas Giyanto?? Ya di sms nggak balas, isi smsku nanya itu buku, Dodol banget nggak siiihh...?

Ultah Si Bontot 7 Juli 2009 lalu, Darlene Hibachi Steak


Ok..Ok..posting berikut saja tentang Candi Ratu Bokonya. Sekarang ngobrol ngalor-ngidul saja... Lho..? Ngobrol? Bukannya kalo ngobrol itu ada lawan bicaranya yeahh...? Watever lahh... : p Azan isa... Mati dulu deh Thin Lizzy dengan Whisky in The Jar nya... Apaah...? Hare gene...? Malah demen ngubek2 koleksi Thin Lizzy? Lynrd Skynrd? Survivor? Skid Row, The Police jadilah ...emang selera dari lama... Kelainan kahh...? Bukan kok... Bahasanya adalah.... Yang Pas di Telinga saja... Hehehe... Malam di Bulan Juli, udara luar hangat, cenderung panas, kamar ber-AC ini sebenernya ngerusak Ozon, tapi apa daya... Maklum, tipe orang gampang berkeringat... Baru aja mandi, keramas, rambut panjangnya aja belon kering, baru aja diolesin vitamin.. Tadi pulang ngantor panas banget... jadi Bikers ceritanya, serasa jaman kuliah.. Bikers sejati... Jogja-Solo ok.. Jogja kota - Purwobinangun (Kampung di Kaki Merapi) ya oke... Nggak segampang itu jadi biker di sini... Antara rebutan motor ama Bapak.. Antara usul jangan sering-sering karena pengendara motor sekarang banyak yg gila, antara spertimbangan si Bontot yang demen naek kuda besi, Hehehe... Dan rute - rute nggak jelas lainnya.. Niatnya pulang kantor mau mandi langsung, keramas, lanjut beres - beres kamar yang kayak gudang ini, duuhh Gustii.... Ternyata si Bontot telepon minta jemput di LIA, ok, supir berangkat... lemes juga padahal, kena udara panas + gendong ransel yang kata temen kantornya guedee banget isinya apaan coobaa...?? Pulang ya menjelang magrib... Niat mberesin kamar setelah mandi bubar semua... Udah keburu malees..

2 batang... Hari ini nggak tertahankan... Seakan-akan mampu temani aku dan semua gelisah dengan aroma khasnya yang bercampur dengan keringat dan Aigner Woman in Leather itu... Lengkapi sepi...selalu temani aku, that's all...nggak lebih, tapi cukup bermakna.. Cuma itu yang aku butuh saat ngerasa nggak bisa bagi semua beban perasaan, pikiran dari masalah-masalah yang dihadapi... Baru berhenti hampir 2 minggu karena asma yang mengancam kumat alias napas mulai berat.. Sekarang lha kok sudah minta ditemani lagi... Wuihh... Manja sekali sayaa... Procol Harum boleh saja bilang drugs menemani sampe akhir hayat... buatku si lambang biru bunder aja...itu sudah lebih dari cukup... he..he..he.. Sebenernya weekend kemarin cukup kunikmati, biarpun beberapa rencana bubar semua lantaran nggak kebagian jatah kuda besi yang nganggur, nggak apa-apa... Motret lain waktu di hari libur ato sengaja meliburkan diri tetep jadi opsi alokasi waktu nyalurin hasrat. Hasrat apa tuu...? Ya hasrat apa aja lahh... Jadi deh di tengah nyeri tamu bulanan dengan 2 edisi Kompas Minggu plus ngoprek tumpukan buku jadi nikmat juga ngabisin libur.. Waktu untuk diriku sendiri, lakukan hal yang aku suka seperti membaca, asyik gratilan sendiri...mulai dari jahitin mote di baju, ngoprek kayu-kayu buat ngotak-ngatik gambar rak buku, nonton Transporter 3... Wahh...ya asik sekali lahh....! See...? How simple i am... much things could made me happy... Ok... Tetep semangat untuk tulisan berikutnya...



Kamis, 11 Juni 2009

I n t r o d u c t i o n


Akhirnya bikin blogg juga... udah pengen dari setahun kemaren, bikin di wordpress, tapi binguuuung...malah mbikin kategori aja nggak bere-beres.. Saran dari adekku di sini aja, ok... nggak masalah, he..he... Nulis semua tentang aku di sini, termasuk cerita hari-hari yang mau di share, doohh....share ama siapa coba...? Bukan cuma sekedar Diary, lebih ke tanggapan dari kehidupan yang sekarang aku jalani.. Growing up...make sure my final destination, what pleasure in my life, my interest, including some things i've been created..